Latihan Dasar Kepemimpinan SMP Tarsisius 2

Sesuai dengan agenda kegiatan, SMP Tarsisius 2 mengadakan LDK pada tanggal 16 sampai dengan 17 November 2022, meski lokasi tidak sesuai rencana, karena pada awalnya direncanakan di sekolah mengingat pandemic. Tapi karena kondisi pandemic yang terus mereda maka kali ini pandemi dilaksanakan di luar sekolah, tepatnya di Citra Alam Riverside, di Puncak Bogor.

Peserta LDK kali ini siswa kelas 7 dan 8 berjumlah 38 siswa, ditemani pengurus OSIS kelas 9 sebanyak 3 siswa dan dibimbing para guru yaitu Pak Parsaoran Tambun, Ibu Bernadeta, Ibu Joan dan Pak Andreas.

Tepat pukul 07.00 kami berangkat menggunakan truk militer dan 1 mobil Yayasan. Perjalanan membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai di lokasi.

Tiba di lokasi, para siswa segera kumpul di ruang pertemuan untuk mendapat penjelasan. Para siswa yang terbagi menjadi 3 kelompok putri dan 3 kelompok putra kemudian langsung menata barang di tenda kelompoknya masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama, dan karena cuaca dingin serta kepenatan menempuh perjalanan, makan siang pun terasa sangat nikmat.

Usai makan siang dan istirahat, acara dilanjutkan dengan games dan PBB yang didampingi para kakak OSIS

Pukul 14.00 acara diisi dengan materi Pendidikan Karakter oleh Bapak Parsaoran Tambun. Selama 120 menit mereka mengikuti acara ini dengan antusias.

Sore hari, setelah acara dengan Pak Tambun para siswa bisa istirahat dan mandi untuk mempersiapkan acara berikut. Tepat pukul 17.00 acara berikutnya dimulai yaitu Leadship yang dibawkan oleh Bapak Andreas. Acara diawali dengan 2 games kepemimpinan sebagai pengantar materi tersebut. Acara ini berakhir tepat 120 menit kemudian dan ditutup dengan doa makan malam. Para siswa menikmati betul jamuan makan mala mini.

Setelah makan malam dan istirahat, masih ada 2 acara lagi yang diikuti para siswa, yaitu Publik Speaking dan Keorganisasian yang dibawakan oleh Ibu Bernadetha, serta acara dengan materi kesekretariatan dan Proposal yang dibawakan oleh Ibu Joan. Acar ditutup dengan renungan malam pada pukul 22.30.

Pada pukul 23.30, acara diisi dengan juri malam. Para siswa dibagi beberapa kelompok, mereka melewati rintangan kegelapan malam untuk melewati pos-pos dan memenuhi ujian singkat yang diberikan. Para siswa mengikuti dengan tertib dan mengakhirinya dengan rasa senang dan bangga karena selain menjadi pengalaman pertama kegiatan ini, mereka juga bisa menuntaskannya dengan baik. Acara dilanjutkan dengan istirahat malam.

Kamis pagi, acara dimulai agak lambat karena cuaca kurang bersahabat sekaligus masa tersebut dimanfaatkan untuk menyegarkan raga para siswa dengan bermain game bersama, senam bersama serta santapan pagi bersama.

Setelah hujan agak mereda, acara games di lapangan akhirnya dimulai. Ada tiga game yang dilaksanakan. Meski ditengah rintik hujan, para siswa antusias mengikutinya dan menyelesaikan setiap rintangan yang diberikan.

Pukul 11.30 acara berakhir, dilanjutkan dengan membersihkan diri, merapikan barang bawaan dan dilanjutkan dengan makan bersama. Setelah upacara penutupan dan foto bersama, kami meninggalkan Citra Alam Riverside dengan perasaan senang, dan pada pukul 16.00 kami tiba di sekolah dengan selamat, disambut para orangtua murid dengan sukacita.

× PPDB 2023-2024