Asessmen Bakat Minat(ABM)

Asessmen Bakat Minat(ABM) adalah adalah tes untuk mengukur kemampuan atau potensi umum seseorang pada bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. Tes ABM ini diselenggarakan oleh Pusat Asesmen Pendidikan(Pusmendik) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. SMP Tarsisius II ikut terlibat di dalam pelaksanaan ABM.(21/2).

Tes yang berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB hingga 10.30 WIB ini diikuti oleh 25 peserta.  Hasil ABM ini diharapkan dapat digunakan oleh guru BP sebagai landasan untuk mengarahkan siswa-siswinya dalam menentukan arah pendidikan selanjutnya maupun bekerja setelah lulus sekolah. Maka harapannya, dengan adanya ABM membuat arah pengembangan diri siswa lebih jelas dan terencana.

“Menurut saya, ABM ini penting karena kita semakin lebih tahu arah minat dan bakat kita. Baik juga tahun depan dilaksanakan. Mirip dengan psikotes tapi kalau di psikotes hanya logika tetapi kalau yang ABM  ada soal-soal pelajaran dan ada soal logika. Kegiatan lancar, “kesan Rejard(9A) Ketika ditanya tentang pelaksanaan ABM.

Scroll to Top
×

PPDB 2024-2025

Chat kami. Senin-Jumat: 08.00-14.00

× PPDB 2024-2025