Rekoleksi Kelas 9 SMP Tarsisius 2

Rekoleksi merupakan suatu kegiatan dalam upaya untuk melatih hidup rohani dan menumbuhkan rasa ingin berubah ke arah yang lebih baik. Masa remaja sendiri adalah saat-saat seseorang mengalami berbagai perubahan. Oleh karena itu, SMP Tarsisius II ingin mengarahkan siswa pada perubahan yang lebih baik melalui kegiatan rekoleksi. Rekoleksi tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 5 April 2023 di kapel Sekolah Tarsisius II. Rekoleksi dipandu oleh kakak-kakak dari Tim Fiat, PDKK Gereja MBK.
Kegiatan rekoleksi disambut antusias oleh siswa karena kegiatannya yang cukup dinamis. Kakak pendamping memandu rekoleksi dengan berbagai kegiatan seperti sharing pengalaman kehidupan kristiani sehari-hari dan “Siapakah Aku?” di Sesi 1 yang bertema Your Lifestyle Your Life dan kesaksian tentang perubahan sikap dalam kehidupan karena meneladan sikap-Nya di Sesi To be Like Him.

Selain kegiatan sharing, rekoleksi terlihat lebih “hidup” karena kakak pendamping
melakukan tanya jawab bersama siswa yang bertujuan membuat siswa semakin mengenal pribadi dan mengetahui apa kemauan mereka.

Inti dari rekoleksi ini adalah bersyukur pada pencipta melalui Doa, lalu peka terhadap sapaanNya melalui firman, berinteraksi dengan sesama dengan kasih melalui pelayanan dan komunitas.


Dalam kegiatan rekoleksi ini, siswa diajak oleh pendamping untuk semakin akrab dengan teman-teman melalu game-game yang membutuhkan kerja sama, seperti memilah biji-bijian, permainan mencari pasangan atau kelompok. Kegiatan diakhiri dengan renungan, puji-pujian, dan doa. Di akhir acara beberapa siswa memberikan kesan bahwa rekoleksi yang dibawakan pendamping sangat menarik dan berkesan untuk mereka terutama untuk mengenali diri sendiri serta cara mengatasi pergumulan hidup sebagai pelajar.

Scroll to Top