Lomba Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda

Pada hari Senin tanggal 2 November 2021, SMP Tarsisius II mengadakan lomba “Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda”. Acara dilaksanakan dari jam 07.15 – 12.30 WIB. Beberapa lomba yang didakan yaitu story telling, infografis , presenter dan debat. Acara ini dilaksanakan di zoom dengan dresscode putih atau biru.

            Acara dibuka dengan doa bersama, dilanjut dengan menyanyikan Indonesia Raya, kemudian kata sambutan ketua acara dan kepala sekolah SMP Tarsisisus II. Setelahnya, acara dilanjut dengan lomba story telling. Peserta yang mengikuti lomba ini sekitar 5 siswa Pak Kun dan Mr. Lukas menjadi juri di lomba story telling ini. Karya para peserta dalam bentuk video ditampilkan satu-persatu dan mendapat komentar dari para juri.

            Selesai story telling, acara dilanjut dengan lomba infografis. Lomba infografis kali ini memiliki tema “Sumpah Pemuda”. Lomba infografis diikuti oleh 9 siswa yang bekerja masing masing. Juri di lomba infografis ini adalah Pak Kun dan Pak Siregar. Hasil karya para peserta bagus, informatif dan menarik perhatian para juri.

            Sebelum memulai kembali acara, OSIS memberikan waktu istirahat kurang lebih 30 menit dan OSIS menyetel lagu-lagu selama istirahat. Setelah istirahat, para siswa-siswi kembali bergabung ke dalam zoom dan acara dilanjut dengan lomba presenter. Pesertaa yang mengikuti lomba ini ada 6 siswa. Juri lomba presenter adalah Pak Anton dan Mr. Lukas. Hasil video presenter ditayangkan satu-persatu dan dikomentari juri. Videonya diedit sedemikian rupa menyerupai berita sungguhan serta pembawaan berita oleh para peserta sangat mirip seperti presenter pada umumnya.

            Terakhir, ada lomba debat. Lomba debat ini diikuti oleh 6 kelompok yang masing-masing. kelompok terdiri dari 2 orang. Juri lomba debat ini adalah Pak Siregar dan Pak Anton. Babak pertama debat dilakukan dengan melawan antar kelas. Yang maju ke babak kedua adalah kelompok 9B dengan poin tertinggi, disusul kelompok 8A, dan terakhir kelompok 8B. Babak kedua ini, dua kelompok dengan nilai rendah kembali berdebat. Debat oleh 8A dan 8B sangat senbgit sehingga kedunya memiliki hasil akhir yang sama. Namun akhirnya juri memutuskan kelompok 8B yang maju ke babak final. Di babak final ini, kelompok 8B akan melawan kelompok 9B. Debat berjalan secara intensif, opini-opini yang kuat terlontar dari kedua kubu. Hingga akhirnya kelompok 9B yang unggul 3 poin dengan kelompok 8B.             Setelah lomba terakhir, OSIS kembali memeberi istirahat dengan waktu 30 menit dan OSIS memutar lagu-lagu selama istirahat. Selesai istirahat, pengumuman oleh ketua panitia dilakukan. Pemenang lomba story telling juara 1 diraih oleh Celine8A, juara 2 diraih oleh Renata 8B, dan juara 3 diraih oleh Carine 9B. Pemenang lomba infografis juara 1 diraih oleh Claritta 8B, juara 2 diraih oleh Tasya 9A, dan juara 3 diraih oleh Aylene 9B. Pemenang reporter juara 1 diraih oleh Regine 9B, juara 2 diraih oleh Keyla 8B, dan juara 3 diraih oleh Kayla 9A. Lalu pengumuman terakhir, lomba debat juara 1 diraih oleh kelompok 9B yaitu Ara dan Puput, juara 2 diraih oleh kelompok 8B yaitu Advenia dan Amel, dan juara 3 diraih oleh kelompok 8A yaitu Virgan dan Edward. Kemudian acara ditutup dengan beberapa pengumuman, doa, lalu foto bersama.

Irene Haris Putri Allysia – IXB

× PPDB 2023-2024