Kemah Pramuka SMP Tarsisius 2

Hari yang ditunggu-tunggu para siswa pun tiba. Di pagi hari Selasa, 30 Mei 2023 para siswa diantar para orangtuanya sudah hadir dengan berkaos hitam berlogo YBHK dan Coding membawa perlengkapan lengkap. Ya, hari itu para siswa menutup tahun ajaran kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan kegiatan kemah bersama.

Kegiatan diawali pengabsenan siswa di kelas, dilanjutkan dengan pengecekan kelengkapan perlengkapan pribadi untuk kemah. Dilanjutkan dengan foto bersama di lapangan.

Setelah foto bersama, setiap regu mengambil tenda dan membawa perlengkapannya masing-masing menaiki kendaraan untuk menuju ke lokasi perkemahan. Lokasi perkemahan di daerah Cibodas, setelah puncak pas, di bukit perkemahan Mandalawangi. Perjalanan membutuhkan waktu 2 jam 30 menit dari sekolah.

Ketika tiba di lokasi, tak terlihat keletihan para siswa karena eforia para siswa untuk kegiatan ini, apalagi sudah dua tahun lebih mereka tidak ada kegiatan bersama di luar sekolah akibat pandemi. Setelah semua barang diturunkan, mulailah bekerja sama, membawa barang tersebut menuju titik perkemahan.

Setelah berhasil berkumpul semua di lokasi tersebut, dilanjutkan dengan makan bersama karena hari sudah mendekati siang hari. Acara selanjutnya mendirikan tenda masing-masing. Ada 11 tenda siswa dan 2 tenda guru serta 1 tempat dapur umum menggunakan flysheet.

Selain mendirikan tenda, para siswa juga membuat tiang bendera dan jemuran dari tongkat dan tali yang dibawa.

Kegiatan berikut sebagai tanda pembukaan kegiatan ini dilaksanakan upacara pembukaan dipimpin oleh kakak pembina Kak Andreas. Para siswa mengikutinya dengan penuh khidmat.

Hari itu dipenuhi berbagai kegiatan dan para siswa mengikuti dengan antusias. Para pembina, yaitu Para guru pembina pramuka dibantu para guru lain (semua guru dan karyawan SMP ikut mendampingi) bekerja sama mendukung kegiatan ini, agar anak-anak aman, nyaman, tangguh dan dapat menyelesaikan kegiatan ini dengan baik. Tim dapur pun sigap memenuhi kebutuhan raga para siswa.

Sore hari, setelah mandi, dilanjutkan dengan makan bersama dan kegiatan api unggun, dimana diawali dengan upacara, kemudian penyematan label pada lengan seragam pramuka sebagai tanda pelantikan penggalang, dan diisi dengan pentas seni kreatifitas para siswa.

Malam itu cukup dingin. Sebelum tidur peserta menghangatkan diri dengan sajian tim dapur dengan santapan makan dan minum hangat, mengakhiri kegiatan hari itu. Pagi hari para siswa bangun cukup pagi, menikmati udara segar nan sejuk dan cukup dingin, menikmati matahari terbit.

Beberapa siswa lari pagi dengan mengelilingi danau mengikuti trak yang sudah disediakan.

Hari ini disi kegiatan diisi dengan membuat tandu, makan pagi, hiking dan rekreasi di air terjun

Kegiatan hari ini ditutup dengan upacara bendera dipimpin oleh Kakak Utami. Upacara berlangsung dengan khidmat.

Usai upacara, setelah makan siang dilanjutkan dengan pembongkaran tenda, mengemas barang-barang pribadi, bersama-sama menuju kendaraan dan pulang kembali ke sekolah. Puji Tuhan, segala kegiatan terlaksana dengan baik, para siswa sampai di rumah masing-masing dengan membawa cerita dan pengalaman yang menarik.

Scroll to Top