Bina Remaja

SMP Tarsisius II mengadakan acara bina remaja untuk seluruh muridnya. Acara ini semula diagendakan untuk kelas 8 setiap tahunnya, tapi tahun ini dilaksanakan untuk semua siswa mengingat pentingnya tema kali ini yaitu kesehatan reproduksi serta pengenalan diri. Mengingat keefektifan kegiatan ini maka kegiatan ini disesuaikan jenjangnya sehingga pelaksanaannya diselenggarakan 3 hari dengan disesuaikan kegiatan PTMT atau Pertemuan Tatap Muka Terbatas yang sudah dijadwalkan. Adapun pembagiannya jadwalnya, hari Selasa tanggal 14 Desember 2021 bagi siswa kelas 8, pada hari Rabu tanggal 15 Desember 2021 bagi siswa kelas 9 dan pada hari Kamis tanggal 16 Desember 2021 bagi siswa kelas 7. Kegiatan dilaksanakan menggunakan aplikasi zoom meeting, dimulai pukul 07.45-08.00 untuk absensi, dan acara dimulai pukul 08.00 sampai dengan lebih kurang pukul 11.00.

Host dari kegiatan ini adalah Bapak Albertus Kuntoro dengan narasumber oleh Kakak-kakak yang menarik dan menguasai materi pertemuan ini, yaitu Kak Chris, Kak Kris, dan Kak Suzan.

Setiap hari acara dibuka dengan kata pengantar dari pihak Bapak Albertus Kuntoro selaku guru BP dan BK dan dilanjutkan dengan doa pembuka dan sambutan dari pimpinan sekolah, yaitu hari pertama oleh Bapak Kepala Sekolah, Bp Andreas, sedangkan hari kedua dan ketiga oleh Ibu Wakil Kepala Sekolah, Ibu Theresia Sri Utami.

 Setelah berdoa, Kak Chris selaku narasumber memulai kegiatan bina remaja. Beliau mempresentasikan dan menjelaskan tentang siapa diri kita, manusia adalah makhluk sempurna, relasi manusia dengan Tuhan, tentang hubungan kita dan orang tua dari masa kandungan sampai saat ini, dan cita-cita di masa pandemi. Sesi pertama yang dibawakan Kak Chris sangat menarik karena beliau menerangkan diselingi dengan permainan sulap yang memukau.

Setelah sesi 1, ada istirahat sembari diputarkan beberapa lagu. Selesai istirahat acara berikut adalah sesi terakhir yaitu sesi 2 oleh Kak Kris dan Kak Suzan. Di sesi terakhir ini peserta dibagi dua kelompok, dea=ngan cara zoom dipecah menjadi dua ruangan. Untuk siswa perempuan di room 1 dengan pembicara Kak Suzan dan satu guru pendamping. Sedangkan untuk siswa laki-laki di room 2 dengan pembicara Kak Kris dan satu guru pendamping. Sesi 2 diisi dengan pembelajaran tentang seks education dan pertumbuhan selama masa remaja (emosi, fisik, sosial, dll), tak lupa dengan tanya jawab oleh siswa dan narasumber. Pembawaan dua pembicara yang enjoy dan asik membuat para murid semangat.

Sepulang dari breakout room, murid dikumpulkan Kembali ke zoom utama. Kak Kris dan Kak Suzan memberikan pengantar penutup dan diikuti oleh guru-guru pembimbing. Doa penutup dipimpin oleh Kak Kris. Tak lupa acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Irene Haris Putri Allysia

× PPDB 2023-2024