Upacara Hari Pramuka Ke-59 SMA Tarsisius 2 Secara On Line Tetap Semangat

Peringatan Hari Lahirnya Pramuka ke 59 di SMA Tarsisius II dilaksanakan pada hari Jumat,14 Agustus 2020, pkl.08.00 WIB secara on line yang dipandu oleh Kak Dewi dan Kak Herning. Suasana upacara memang berbeda, tidak ada pengibaran bendera merah putih dan tidak ada pertunjukan dari adik-adik anggota pramuka seperti biasanya, tetapi suasana hikmat dan disiplin adik-adik di dalam mengikuti upacara on line sangat baik dan layak diacungi jempol. Adek-adek peserta upacara di rumah beserta kakak-kakak pembina dari sekolah tetap bisa mengikuti upacara dengan hikmat.

Dalam amanatnya Kakak Mabigus Apul Tumanggor menegaskan bahwa usia ke 59 gerakan pandu adalah bukti bahwa gerakan pramuka ini masih eksis dan keberadaannya masih dibutuhkan serta diandalkan di tengah masyarakat dan negara kita. Secara khusus di dalam lembaga pendidikan seperti sekolah kita SMA Tarsisius II, gerakan Pramuka masih sangat penting dan menjadi satu andalan di dalam membentuk sikap perilaku peserta didik yang tangguh, disiplin , bertanggung jawab dan jujur serta berkarakter. Dasa Darma Pramuka sangat sesuai dengan nilai-nilai atau core values sekolah kita. Jadi, gerakan pramuka sebagai salah satu kegiatan wajib di sekolah kita harus tetap kita dukung dan manfaatkan sebagai satu wadah untuk mengembangkan diri adek-adek semua, tegas dari kak Apul.

Ditambahkan lagi, khususnya di masa pandemi covid 19 ini, anjuran stay at home adalah satu tantangan dan sikap konkret yang bisa langsung kita praktekkan dari dasa darma, seperti disiplin, kerja sama dengan orang tua dan anggota keluarga selama di rumah. Jujur dan suci dalam hati dan perbuatan juga semakin dituntut dari adek-adek lewat kebebasan di  dalam menggunakan media sosial dan aneka  informasi yang ditawarkan dan dengan mudah kita akses. Kita kini dituntut untuk  mengubah gaya hidup, cara belajar, pola makan dan pola hidup kita. Harus berani berubah dan mengikuti protokol-protokol kesehatan, protokol belajar, dsb demi kesehatan, kemajuan dan keberahasilan kita menghadapi masalah-masalah yang lebih kompleks di masa depan.

Akhir dari upacara, para kakak pembina dengan semangat melantunkan beberapa lagu pramuka untuk mengobarkan semangat adek-adek semua yang di rumah. Salam Pramuka dan Jayalah Pramuka  SMA Tarsisius II.

Kak Apul Tumanggor

Sharing is Caring!
×

Chat Kami

Senin-Jumat: 08.00-14.00 WIB

×