PRAMUKA

Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka SMP Tarsisius II

Rabu ini kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terakhir bulan ini karena minggu depan sudah memasuki masa PAS, Penilaian Akhir Semester. Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka selama masa pandemi dilaksanakan secara online setiap Rabu usai PJJ, Pembelajaran Jarak Jauh, dan dimulai dari pukul 12.30 sampai 13.30.

Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka kali ini dibimbing oleh Kak Albertus Kuntoro Puput, Kak Lukas Tolok, Kak Chatarina Centri dan Kak Ester Luluk, sebagai pembina pramuka. Kegiatan Pramuka dibuka dengan doa oleh Kak Kuntoro

Materi Pramuka Pertemuan ke-8 tentang  “Kebudayaan Asli Daerah di Indonesia”

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki ragam budaya yang membuatnya terkenal kaya di mata dunia. Ragam budaya yang dimiliki Indonesia meliputi budaya pernikahan (contoh budaya pernikahan berbagai daerah di Indonesia memiliki kekhasan seperti, ada budaya palang pintu dan roti buaya di Betawi), syukur atas pertanian dan nelayan dengan larung persembahan di laut atau sedekah gunung, mohon perlindungan dari bencana alam, kesenian tradisional seperti tari-tarian atau permainan tradisional, dan masih banyak lagi.

Jenis kebudayaan khas yang diangkat dalam pertemuan ke-8 ini adalah tradisi Ngaben yang ada di Bali. Ngaben memiliki arti penyucian menggunakan api. Upacara Ngaben sendiri memiliki tujuan menyucikan roh, mengembalikan Panca Maha Bhuta, serta merupakan bentuk rasa ikhlas. Jadi, dalam upacara ini tidak diperkenankan adanya air mata (tangis anggota keluarga).

Proses upacara Ngaben sendiri terdapat beberapa tahap yaitu menentukan hari baik, memandikan jenazah, jenazah diusung ke pengabenan, penyucian roh, pembakaran jenazah, dan larung di laut.

Ada tugas Pbagi adik-adik Pramuka kali ini, yaitu :

  1. Buatlah paper/makalah/artikel sederhana tentang kebudayaan daerah di Indonesia!
  2. Hasil dapat berupa artikel tertulis, video singkat.
  3. Durasi tidak perlu panjang (singkat dan jelas).
  4. Dikumpulkan di Google Classroom.
  5. Paling lambat Sabtu, 27 November 2021.

Kegiatan Pramuka ditutup dengan doa oleh Kak Kuntoro

Ester Luluk

Sharing is Caring!
× PPDB 2022-2023