Pelantikan OSIS dan FPK SMA Tarsisius 2

Mengadaptasikan diri dengan pandemi global, Covid 19, pelantikan OSIS SMA Tarsisius 2 “terpaksa” dilaksanakan secara daring ( dalam jaringan/via online ). Calon pengurus OSIS dan FPK, para peserta didik lain serta para Pendidk berada di rumah masing-masing dan melakukan interaksi pelantikan OSIS dengan bantuan aplikasi zoom meeting.

Keberadaan Pengurus OSIS dan FPK SMA TARSISIUS 2

Sudah 3 semester proses pembelajaran mutlak dilakukan secara online. SMA Tarsisius 2, karena berada di bawah Otoritas Dinas Pendidikan DKI, harus melakukan proses pembelajaran dari rumah yang lebih dikenal dengan istilah PJJ – Pembelajaran Jarak Jauh, terhitung sejak bulan Maret 2020. Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dan melindungi para pendidik dan peserta didik dari serangan covid 19.

Perubahan pola penyelenggara pendidikan yang tiba-tiba ini telah menimbulkan cultural shock bagi semua pihak. Komunitas SMA Tarsisius 2 juga termasuk di dalamnya. Dampaknya sangat nyata: ada banyak segmen yang kurang tertangani  secara intensif. Sekolah telah berupaya mengadaptasikan diri bahkan melakukan reorganisasi dalam menghadapai perubahan yang serba tiba-tiba ini.

Karena OSIS dan FPK merupakan elemen penting dalam proses pendidikan di sekolah menengah, maka SMA Tarsisius 2 betul-betul menaruh perhatian pada organisasi ini. Untuk itulah, pembentukan dan pelantikan Pengurus OSIS tetap dilakukan walaupun secara daring.

Pengurus OSIS dan FPK SMA Tarsisius 2 Periode 2021-2022

Setelah melewati beberapa pertimbangan khusus terkait  proses pembelajaran yang masih berjalan secara daring, struktur OSIS dan FPK dibuat lebih ramping. “Ditengah situasi seperti ini, kita tidak bisa membentuk struktur OSIS dan FPK seperti biasanya. Yang paling penting adalah membentuk team inti yang solid dan mampu bekerja,” demikian kata Miss Herning Ardian, salah satu Pembina OSIS SMA Tarsisius 2.

Hal tersebut diperkuat oleh penegasan Pak Suko Adi Baryoto, selaku wakil Kepala Sekolah SMA Tarsisius 2. “Yang terpenting kita membentuk di team inti. Nanti dalam kegiatan-kegiatan OSIS, team ini bisa membentuk panitia yang melibatkan peserta didik selain pengurus OSIS kalau dinilai peserta didik tersebut memiliki kompetensi yang terkait,” demikian tandas Pak Adi.

Setelah melewati beberapa tahap, terbentuklah struktur Pengurus OSIS SMA Tarsisius 2 periode 2021-2022 seperti tertera di bawah ini:

Pengurus Inti

Ketua                    : Marvel Benyamin

Wakil Ketua           : Christin Angelia

Sekretaris              : Benediktus Mario Septian Sondjaja

Seksi-Seksi Bidang OSIS

Rohani                 : Nafiri Angie Tesalonika

Humas                  : Gabriel Tusnam Orowala Ola

Kreasi & Seni       : Rayhan Aziel Abbrar

Forum Perwakilan Kelas

Ketua          : Ellysabeth Ditha Advina Damayanti

Sekretaris    : Felicia Cleo

Aggota:

  1. Wilbert Chandra                             : FPK Kelas XII MIA
  2. Felicia Shindi                                    : FPK Kelas XII IIS1
  3. Ellysabeth Ditha Advina Damayanti   : FPK Kelas XII IIS2
  4. Surya                                                 : FPK Kelas XI MIA
  5. Felicia Cleo Semen                            : FPK Kelas XI IIS1
  6. Jhonsen                                             : FPK Kelas XI IIS2
  7. Felicia Griselda Assa                         : FPK Kelas X MIA
  8. Chirgia Arundati Sulaksono               : FPK Kelas X IIS1
  9. Natanael Ivander                                : FPK Kelas X IIS2

Pelantikan OSIS SMA Tarsisius 2

Bersamaan dengan momen Hari Pramuka Nasional, akhirnya OSIS dan FPK SMA Tarsisius 2 periode 2021-2022 secara resmi dilantik oleh Kepala SMA Tarsisius, Bapak Apul Tumanggor dalam upacara peringatan Hari Pramuka Nasional. Karena  tanggal 14 Agustus jatuh pada hari Sabtu dan merupakan hari libur, maka upacara dan pelantikan itu dimajukan sehari sehingga diselenggarakan pada hari Jumat, 13 Agustus 2021, mulai pukul 07.30 WIB lewat upacara yang dilakukan secara daring.

Bertindak sebagai Pembina upacara, Pak Yohanes Bambang, Pembina Pramuka SMA Tarsisius 2. Dalam kata sambutannya, Pak Bambang menyampaikan beberapa pesan penting untuk pengurus OSIS yang baru. “Melalui pelantikan ini diharapkan Pengurus OSIS sadar akan kewajiban untuk menjadi siswa yang baik, mengukir prestasi untuk masa depan, sambil memberikan contoh yang baik bagi teman-teman di SMA Tarsisius 2 tercinta ini. Taat dan patuh kepada orang tua, menghormati guru, hingga menjadi orang yang berguna bagi Nusa, Bangsa dan Negara kita tercinta ini.”

Dihubungi setelah acara pelantikan, Pak Apul Tumanggor, Kepala SMA Tarsisius 2 juga memiliki harapan tinggi kepada para pengurus OSIS dan FPK  yang baru dilantik.

“Di tengah- tengah tantangan menghadapi situasi pandemi covid 19, pengurus OSIS dan FPK  harus belajar dan bekerja keras untuk tetap menunjukkan kiprahnya dalam organisasi sekolah. Namun semangat dan jiwa kepanduan yang kita peringati hari ini tentu semakin mengobarkan semangat pengurus untuk tetap belajar dan berkarya serta berbakti tanpa henti,” demikian tutur Pak Apul.

Report by: Felix Tena Longa.

Sharing is Caring!
× PPDB 2022-2023