Sabtu, 19 Agustus 2017
Home / Artikel / Kurikulum Nasional Berbasis Multitalenta
Harmonizing Multitalent

Kurikulum Nasional Berbasis Multitalenta

Harmonizing Multitalent kami menyebutnya untuk kurikulum nasional berbasis multitalenta yang menjadi salah satu program unggulan sekolah kami. Sekolah Tarsisius 2 Jakarta jenjang TK, SD, SMP dan SMA sebagai sekolah swasta nasional menggunakan Kurikulum Nasional yang berlaku berdasarkan kebijakan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun demikian, TK-SD-SMP-SMA Tarsisius 2 mempraktikkan berbagai pendekatan unggulan yang diyakini mampu membantu putra Anda bisa berkembang secara optimal sesuai bakat dan talenta yang sudah dimiliki. Sekolah Tarsisus 2 juga membekali pendidikan karakter yang menjadi fondasi dalam bersikap serta berperilaku sehingga anak bisa menjadi sukses di kemudian hari dalam keseimbangan seluruh aspek kehidupannya secara holistik.

Setiap anak memiliki hak untuk sukses dalam hidupnya karena dalam diri setiap anak selalu diberikan talenta oleh Tuhan. Penelitian membuktikan bahwa dalam otak manusia memiliki 1 trilyun sel otak yang bisa dikembangkan sesuai talenta yang sudah dibekalkan oleh Tuhan padanya. Lalu, yang menjadi PR setiap lembaga pendidikan adalah (1) bagaimana anak pada tahap usianya dibantu menemukan talenta serta bakat yang sudah ada pada dirinya dan (2) bagaimana pendidikan yang dialami dapat memberikan stimulus yang tepat sehingga setiap anak bisa menajdi bintang dalam bidangnya? Di Tarsisius 2-lah Anda akan mendapatnya!

Salah satu prinsip yang menjadi dasar pelayanan kami adalah orang untuk menjadi sukses bukan hanya mengandalkan pengetahuan yang dia miliki. Dalam pendidikan di TK-SD-SMP-SMA Tarsisius 2 yang pertama dan utama adalah bagaimana sekolah membantu dalam membentuk karakter sebagai bekal yang sangat mendasar dalam kehidupan di masyarakat kelak dan terjadi keseimbangan perkembangan dalam setiap aspek kehidupan. Jadi, selain anak dibimbing untuk dapat mengembangkan talenta terbaiknya yang akhirnya diharapkan dapat meraih cita-citanya, ia juga dibantu perkembangan talenta/aspek yang lainnya, antara lain: spiritualitas, sosial, pengelolaan keuangan, kesehatan, pengembangan diri, hubungan dalam keluarga dsb. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa banyak orang yang sukses secara financial namun belum tentu seimbang dalam kehidupan beragamanya, atau orang yang sukses dalam karienya tetapi kurang harmonis dalam keluarganya, dsb. Jadi, anak sudah dibiasakan sejak dini agar memperhatikan semua aspek kehidupannya.

Program lain yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran di TK-SD-SMP-SMA Tarsisius 2 adalah anak dibelajarkan bukan hanya apa (baca: materi pelajaran) tetapi juga bagaimana cara belajar, yaitu dengan berbagai teknik belajar. Anak yang butuh waktu lebih lama dari temannya juga akan dibantu sampai tuntas dengan prinsip pembelajaran tuntas. Jika mengahadapi persoalan pribadi berkaitan dengan proses pembelajaran anak juga akan mendapatkan bimbingan secara personal. Hal ini didukung oleh guru-guru BP/BK yang profesional di bidangnya dan semua guru yang sudah dibekali teknik guidance and counseling.

Di era globalisasi juga dibutuhkan berbagai ketrampilan, termasuk ketrampilan berbahasa asing. Melalui program-program tertentu anak dibimbing untuk fasih berbahasa Inggris agar anak mampu berkomunikasi secara lebih luas. Hal ini didukung juga dengan mendatangkan para native speaker yang berpengalaman di bidang pendidikan. Selain itu, masih banyak program pendekatan pembelajaran dalam rangka menemukan dan mengembangkan talenta yang dimiliki seorang siswa.

Inilah berbagai keunggulan yang kami tawarkan kepada Anda. Pelayanan pendidikan sekolah-sekolah di bawah naungan YBHK membantu putra Anda menemukan talentanya sedini mungkin serta membantu mengembangkannya sampai optimal sesuai usia perkembangan serta memberikan pendidikan karakter yang terprogram sebagai fondasi kehidupan siswa di masyarakat kelak, melakukan pembelajaran tuntas, mendampingi secara personal, membekali ketrampilan bahasa internasional serta membantu anak agar dapat belajar dengan mudah dan senang.

Ingat Tarsisius 2 Ingat Multitalenta, Ingat Multitalenta Ingat Tarsisius 2! (Bidang Kurikulum YBHK)