Senin, 20 Mei 2019
Home / Artikel / Hukum Alam (1/7) – Hukum Sebab Akibat

Hukum Alam (1/7) – Hukum Sebab Akibat

Sebuah kejadian atau fenomena alam yang terjadi di dunia, baik yang positif maupun negatif, dikarenakan suatu sebab. Itulah yang dinamakan hukum sebab akibat, yang merupakan induk dari semua hukum alam yang ada.

Hukum ini merupakan hukum kehidupan yang fundamental. Pemikiran adalah sebab, dan kondisi adalah akibatnya. Maka apapun pemikiran yang Anda tebarkan akan berkulminasi pada suatu tindakan yang menimbulkan akibat. Inilah padanan mental dari ilmu Fisika yaitu hukum Newton III yang kita kenal dengan Hukum Aksi Reaksi bahwa “setiap aksi akan menimbulkan reaksi yang sebanding dan berkebalikan”. Secara umum gejala alam yang timbul akan saling merupakan reaksi dari gejala alam lain.

Dalam ilmu sosial dikenal dengan sebab akibat. Kejadian sosial yang ada di dunia ini pasti ada sebabnya , artinya sesuatu yang terjadi merupakan akibat dari sebuah sebab disengaja (direncanakan) maupun sebab yang tanpa sengaja (tanpa direncanakan). Jika kita memberikan gejala positip (kebaikan), maka kita akan mendapatkan hasil positip (kebaikan).

Dalam aspek moral ada sebuah ajaran tentang karma. Karma merupakan perbuatan dari sebuah kehendak. Karma adalah kehendak dalam batinnya kemudian melakukan perbuatan melalui jasmani, pikiran dan ucapan.

Pelajarannya:

  1. Kualitas berbagai hubungan, merupakan hasil dari apa yang telah kita tebarkan dalam berhubungan dengan sesama.
  2. Sekecil apapun bentuk kebaikan itu akan memberikan imbalan positif secara tidak terduga dan luar biasa

Salam Sukses menabur benih “Kebaikan dan kebahagiaan “ di lingkungan Anda, karena akan mengakibatkan “ kebaikan dan kebahagiaan “ anda. Tuhan Memberkati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *